Sabtu, 07 Agustus 2010

Kota Luwuk makin panas dan kering!!

Luwuk Shopping Mall
Pembanguna Luwuk Shopping Mall salah satu contohnya, proyek besar ini pembangunannya tidak dibarengi dengan penanaman pohon dan area hijau (taman) sehingga menjadikan Luwuk benar - benar gersang seperti di padang pasir.

Pemandangan kota Luwuk diambil dari kilo-2
Disaat kota - kota lain di Indonesia berlomba menanam sejuta pohon disepanjang jalan kota yg dicanangkan Bpk SBY beberapa thn lalu untuk menciptakan green city, kota Luwuk malah dengan ganasnya menebang pohon-pohon di pinggir jalan kota yang diperuntukkan sebagai jalur hijau kota. Sehingga hawa sejuk yang dulu sempat saya rasakan waktu tinggal di kota Luwuk kini berubah menjadi hawa kering nan panas bercampur dengan teriknya angin laut. Betapa shocknya saya ketika pada februari lalu saya pulang ke Luwuk, pemandangan yang dulu hijau kini berganti menjadi jalur gundul dan tandus kering tak terawat. Dalam hati saya berfikir kemana para pejabat Pemdanya selama ini?? Tidakkah Anda melihat kota - kota yg telah Anda kunjungi... indah sejuk dan terawat bukan...?? Apa Anda tidak ingin Luwuk menjadi lebih hijau layaknya kota - kota lain yang berkonsep Green city?? Letak geografis Luwuk yang strategis ini jika di dukung dengan infrastuktur yang baik dan tata ruang kota yang baik tidak mustahil suatu saat nanti Luwuk bisa menjadi kota tujuan wisata. Aahh.. tetapi itu terlalu pagi untuk berhayal Luwuk bisa menjadi kota tujuan wisata... walau peluang itu sebenarnya ada... Semoga saja kita semua sadar akan pentingnya penghijaun itu demi kelangsungan hidup yang berkualitas dan lebih baik. Keindahan kota itu adalah pintu gerbang pencitraan dan kesuksesan suatu daerah atau kota, jadi marilah kita berbenah diri untuk menciptakan kota Luwuk ya benar - benar BerAIR (Bersih, Aman, Indah Rapi) + hijau dan sejuk... @max.shandy0619

2 komentar:

  1. makanya ayukkksama2 qt pulang dan bangun kota Luwk qt... klo bukan qt, siapa lagi???? masa orang papua??? hehehehe.... oya, jangan qt tau protes aja tapi berbuat demi kebaikan bersama. bagaimana??

    BalasHapus
  2. setuju banget!! bukannya protes aja tapi tempat kita mau ngeluarin aspirasi ga ada bro...??! ada ide buat nyalurin aspirasi warga Luwuk biar di dengerin para elit pilitik di Luwuk???

    BalasHapus